Sabtu, September 23, 2017

Menjadi Warga Negara yang Baik

Salah satu permasalahan yang selalu dihadapi di kota-kota besar adalah masalah lalu lintas. Hal ini terbukti dari adanya indikasi angka-angka kecelakaan lalu lintas yang selalu meningkat. Keadaan ini merupakan salahsatu perwujudan dari perkembangan teknologi modern.

Jalanan Macet

Dampak Pelanggaran Lalu Lintas

Tentunya dari permasalahan yang terjadi pada kondisi lalu lintas di Indonesia telah menimbulkan berbagai masalah khususnya menyangkut permasalahan lalu lintas. Permasalahan tersebut, seperti:
1. Tingginya angka kecelakaan baik pada persimpangan lampu lalu lintas maupun jalan raya.
2. Keselamatan para pengendara dan para pejalan kaki menjadi terancam.
3. Kemacetan lalu lintas akibat dari masyarakat yang enggan untuk berjalan kaki atau sepeda.
4. Kebiasaan melanggar peraturan yang biasa kemudian menjadi budaya melanggar peraturan.


Penyebab Terjadinya Pelanggaran Lalu Lintas

Hampir setiap hari di indonesia terjadi kecelakaan akibat kesalahan pengemudi, baik kecelakaan tunggal hingga tabrakan beruntun. Hal ini bisa saja terjadi akibat kelalaian pengemudi kendaraan yang tidak mematuhi peraturan lalu lintas yang sudah ada demi keamanan, kelancaran, dan keselamatan lalu lintas. Oleh sebab itu, perlu diketahui mengapa di indonesia tingkat kesadaran akan mamatuhi peraturan lalu lintas masih tergolong rendah.

Berikut beberapa hal yang mungkin menjwab penyebab rendahanya kesadaran akan mematuhi peraturan lalu lintas:
1. Hanya patuh ketika ada polisi yang patroli atau melewati pos polisi.
2. Memutar balikkan ungkapan.
3. Tidak memikirkan keselamatan diri atau orang lain.
4. Melanggar dengan berbagai alasan.
5. Bisa "damai" ketika tilang.


Saran

Penegakan peraturan lalu lintas secara baik sangat tergantung pada beberapa faktor, seperti pemberian teladan kepatuhan hukum dari para penegak hukum sendiri, sikap yang tegas dari para penegak hukum, penyesuaian peraturan lalu lintas dengan memperhatikan usaha menanamkan pengertian tentang peraturan lalu lintas, dan penjelasan tentang manfaat yang konkrit dari peraturan tersebut.

Para pengguna jalan harus memiliki etika kesopanan di jalan serta harus mematuhi dan melaksanakan peraturan lalu lintas, misalnya permasalahan yang kami ambil yaitu belok kiri jalan terus. Kecepatan dalam mengendarai kendaraan harus disesuaikan dengan kondisi jalan, apakah jalan tersebut ramai atau sepi, waktu pagi, siang, sore, ataupun malam. Untuk angkutan umum hendaknya tidak menaikkan atau menurunkan penumpang sembarangan. Dalam memanfaatkan jalan, kita harus menyadari bahwa bukan hanya kita saja yang menggunakan jalan tersebut, tetapi setiap orang berhak menggunakannya. Walaupun itu merupakan hak setiap orang namun, setiap orang berkewajiban untuk menjaga kesopanan di jalan, salah satunya dengan mematuhi peraturan lalu lintas yang ada.

***

Sumber gambar: Google Image

Catatan: Konten pada postingan ini diambil dari blog Kelompok 5 mata kuliah Pancasila

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak dan sopan. Terimakasih.